Begini Suasana Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal

Jakarta - Sekitar 2.000 orang berbondong-bondong berbuka puasa bersama di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Acara berbuka puasa dimulai dengan tausiah, pembacaan ayat suci Alquran serta pujian terhadap Nabi Muhammad SAW.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (6/6/2016), ribuan orang berbondong-bondong datang ke Masjid Istiqlal sekitar pukul 16.30 WIB. Panitia masjid mengarahkan mereka ke lantai 2 yang lalu membagi jemaah menjadi sembilan barisan.

Mereka duduk berhadapan dengan tertib. Saat azan berkumandang, mereka menyantap makanan ringan serta menu dalam boks putih yang disediakan oleh panitia.


 Menu dalam boks putih itu terdiri dari nasi, ayam, telor balado, sayuran dan sambal. Disediakan pula minuman air putih dan teh manis kemasan serta kurma 3 buah.

Wakil Ketua Bidang Takmir sekaligus Wakil Ketua Amaliyah Ramadan Masjid Istiqlal Mohammad Wahyono mengatakan, pihak masjid menyediakan 2.500 hingga 3.000 boks nasi dari rumah makan yang sudah menjalin kerjasama.

"Senin, Rabu dan Kamis porsi yang disediakan 2.500 boks karena banyak orang yang mau buka puasa di rumah. Kalau Jumat, Sabtu dan Minggu kita sediakan 3.000 boks karena banyak orang dari luar kota mau ke masjid ini," terang Wahyono saat berbincang.



Mengenai anggaran, lanjut Wahyono, diperoleh dari amalan infak dari jemaah saat salat fardhu dan salat Jumat di masjid. Selain itu ada pula dari sumbangan warga dan kedutaan besar.

"Anggarannya diperoleh dari amal infak setiap Jumat dan salat fardhu serta sumbangan dari masyarakat, contohnya ada dari Kedubes Uni Emirat Arab menyumbang selama 4 hari berturut-turut," sambungnya.

Jika ada sisa makanan berlebih, panitia membagikannya kepada warga di sekitar lokasi masjid. Namun jika jumlah boks makanan kurang, maka panitia juga menyediakan makanan ringan untuk berbuka puasa.

Selesai buka puasa, tim kebersihan masjid pun langsung bergerak cepat untuk membersihkan sisa-sisa kotak makanan. Sebab areanya akan dipersiapkan untuk salat tarawih.

Sebagian orang yang berbuka puasa bersama di Masjid Istiqlal usai salat Magrib berangsur-angsur meninggalkan lokasi. Sebagiannya masih berada di masjid untuk bersiap-siap melaksanakan salat tarawih.
(aws/nrl)

sumber : http://news.detik.com/berita/3226769/begini-suasana-buka-puasa-bersama-di-masjid-istiqlal

0 Response to "Begini Suasana Buka Puasa Bersama di Masjid Istiqlal"

Posting Komentar

close