Manfaat Tidur Tanpa Lampu Menyala Bagi Kesehatan Tubuh


Tidur jadi kebutuhan manusia untuk istirahat, dengan tidur otak dapat kembali refresh dari lelahnya aktivitas seharian yang cukup membuat lelah fisik. Namun, pernahkah Ladies berpikir tidur seperti yang lebih baik? Harus dalam keadaan lampu terang atau tanpa lampu menyala? Karena banyak orang yang malah tidak bisa tidur jika tidak memakai lampu. Ternyata tidur tanpa lampu itu mempunyai manfaat yang baik lho bagi kesehatan, Berikut penjelasan manfaatnya:

1. Meningkatkan Hormon Melatonin
Tidur dalam keadaan gelap atau tidur tanpa lampu ternyata lebih baik atau lebih bermanfaat bagi kita. Kenapa? Karena saat kita tidur hormon melatonin akan berproduksi, hormon ini berfungsi sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh dan menjaga dari berbagai macam penyakit. Namun, hormon tersebut tidak akan berproduksi jika kita tidur dengan menggunakan lampu.
2. Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak
Kabar gembira nih Ladies buat yang suka susah tidur cepat dan tidak nyenyak, matikan lampu segeralah pejamkan mata pasti deh tidur cepat dengan lelap. Karena cahaya lampu tidak akan “menusuk” mata yang akan menggangu kita. Jangan lupa untuk mematikan semua gadget atau menjauhkan dari jangkauan kamu ya, biar tidak terganggu.
3. Meringankan stress
Sedang mengalami stress karena masalah dikantor atau masalah lainnya, coba deh Ladies matikan lampunya pada saat tidur.  Karena tidur dalam keadaan gelap bisa menstabilkan emosi sehingga mampu meminimalisir rasa stress yang muncul.
4. Mencegah Kanker

Peneliti di Inggris menemukan hasil penelitian bahwa saat cahaya dihidupkan pada malam hari, dapat memicu ekspresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Apalagi untuk wanita bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker payudara dan kanker usus besar, Ladies sebaiknya mulai tidur dalam keadaan lampu mati.
5. Mencegah kelebihan berat badan
Tidur dalam keadaan gelap juga cocok untuk kamu yang sedang menjalai program diet, zat melatonin membantu mengontrol berat badan. Produksi zat melatonin akan meningkat dalam gelap dimalam hari, untuk melawan obsesitas dengan merangsang produk “lemak beige” yang kerjanya cenderung membakar kalori daripada menyimpannya.

Nah Ladies, sekarang sudah paham kan kenapa tidur dalam keadaan gelap lebih baik daripada tidur dengan cahaya terang. Manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh, mulai kebiasaan baik untuk tidur dalam keadaan gelap yuk dari sekarang. Supaya terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya dimasa depan.

0 Response to "Manfaat Tidur Tanpa Lampu Menyala Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

close