WAJIB BACA : Ini Bahayanya Isi Ulang Botol Bekas Minuman Ringan Berkali Kali

Mengisi ulang botol bekas minuman ringan dengan air, lalu digunakan kembali beberapa kali adalah hal yang lumrah dilakukan saat ini. Apalagi bila bentuk botol minuman tersebut lucu dan unik. Pasti akan terasa sayang jika langsung membuangnya sekali pakai.
Padahal, kebiasaan tersebut tidak sehat lho. Bahkan cenderung berbahaya untuk kesehatan diri sendiri. Mulai dari turunnya daya tahan tubuh, tercemar bakteri, hingga risiko terkena kanker prostat dan kanker payudara.
Alasannya adalah karena botol minuman ringan umumnya dibuat dari bahan plastik Polyethylene Terephthalate (PET). Anda bisa lihat di bagian bawah botol minuman tersebut, akan ada gambar segitiga dengan tulisan PET di sana.
Artinya, botol tersebut disarankan hanya untuk satu kali pakai saja, dan baiknya tidak digunakan berkali-kali. Botol dengan bahan PET dapat mengeluarkan zat yang berbahaya jika digunakan berkali-kali, apalagi bila Anda isi dengan air panas.
Ada zat bernama bisphenol A (BPA) yang akan terurai dari botol dan ikut terminum jika Anda pakai berkali-kali. BPA dapat memicu beberapa masalah kesehatan seperti penurunan imunitas tubuh, gangguan perkembangan, risiko keguguran bagi ibu hamil, kelahiran prematur, atau bayi lahir dengan BB rendah.
Tak hanya itu, dalam jangka waktu lama jika Anda sering memakai botol isi ulang dan mengandung BPA, ia dapat juga menjadi penyebab dari kelainan kromosom pada janin.
Jadi sebaiknya memang Anda tidak lagi memakai botol minuman ringan sekali pakai untuk diisi ulang berkali-kali. Risiko kesehatannya mengerikan.

SUMBER : http://sidomi.com/

0 Response to "WAJIB BACA : Ini Bahayanya Isi Ulang Botol Bekas Minuman Ringan Berkali Kali"

Posting Komentar

close