WAJIB BACA : Amalan Kecil Berbuah Surga

Sahabat ummi, setiap amal kebaikan meskipun sebesar biji atom akan mendapatkan balasan. Sesuai dengan firman Allah di surah Al-Zalzalah ayat 7:

“Barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya akan melihat  (balasan) nya.”

Begitupun sebaliknya, siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah/biji atom pun akan melihat balasannya juga. Untuk itulah kita dituntut selalu melakukan kebajikan dimanapun berada. Jika tujuan kita meraih pahala banyak dan surga-Nya, maka kita harus mampu membuat diri kita lebih dekat dengan-Nya, beribadah semaksimal mungkin. Entah dengan ibadah yang dilakukan individu ataupun bersama. Ibadah individu bisa dengan shalat, zakat, puasa dan lain-lain. Sedangkan ibadah bersama bisa dengan saling membantu korban bencana alam, mengadakan majelis dzikir, majelis qur’an dan lain-lain.

Namun, ada beberapa amalan lain yang bisa kita lakukan jika ingin mendapatkan surga. Jarang sekali orang yang memperhatikan amalan itu, bahkan lebih sering meremehkannya. Kita memang tidak tahu apakah kebaikan itu akan diterima atau tidak, namun, kita bisa meniru amalan itu sebagai bentuk sikap kita untuk mendekatkan diri pada Allah. Lalu apa saja contoh amalan-amalan itu?

1. Menolong sesama makhluk hidup

Pernahkan Sahabat Ummi mendengar sebuah cerita yang menyatakan bahwa seorang pezina diampuni dosanya karena dia menolong seekor anjing yang kehausan di padang pasir? Nah, itu adalah salah satu amalan kecil yang bisa kita tiru. Menolong seekor hewan yang membutuhkan bantuan. Contoh lainnya dengan menolong seekor semut yang tergenang di air. Sebisa mungkin kita lakukan agar menambah pahala kita. Mungkin saja hal itu akan mendorong kita untuk mendapatkan tiket ke surga.

2. Perbanyaklah berteman dengan orang saleh

Karena orang yang saleh bisa memberikan pertolongan kepada kita saat hari akhir nanti atas izin Allah SWT. Namun, kebanyakan sekarang ini, banyak yang menjauhi orang-orang saleh. Mereka pikir jika bersama orang-orang itu, terlalu ketinggalan zaman karena setiap saat harus duduk manis di sebuah majelis taklim, berpakaian serba tertutup dan lain-lain. Padahal berkumpul bersama mereka pun Insha Allah akan mendapatkan pahala dan menambah ilmu.


Sahabat ummi, belum tentu orang yang ahli shalat masuk surga, yang ahli qur’an masuk surga. Bisa jadi yang sering bermaksiat malah masuk surga gegara dia melakukan amalan sepele tapi bernilai dasyat dimata Allah. Namun jangan juga kita tidak melakukan ibadah dengan maksimal, kita yang banyak dosa ini harus terus berusaha memupuk amalan ibadah kita. Dan kalau bisa lebih memperluas amalan kita dengan lebih memperhatikan amalan-amalan kecil juga. Bukankah kita tidak tahu, amalan yang mana, yang akan memasukkan kita ke surga?

Wallahua’lam.

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Wahyu S., wiraswasta, suka tulis menulis.

SUMBER : www.ummi-online.com

0 Response to "WAJIB BACA : Amalan Kecil Berbuah Surga"

Posting Komentar

close